Buku Kalimat Mutiara Pribadi

Hari ini saya teringat akan salah satu hal yang dapat memotivasi hidup saya yaitu kalimat-kalimat mutiara . Kalimat tersebut biasanya saya dapatkan dari orang tua, tokoh agama, ilmuwan, maupun tokoh-tokoh berpengaruh lainnya.

Kata-kata tersebut seperti pemberi energi jika saya sedang lelah ataupun dalam keterpurukan. Akan tetapi, kadang kala saya sering melupakan kata-kata tersebut, atau sebenarnya saya mengingatnya, walau tidak sepenuhnya, tetapi karena bukan berasal dari bahasa saya, jadi saya cenderung mudah melupakannya. Untuk itu, saya sering mengubah quotes-qoutes atau kalimat mutiara tersebut ke dalam bahasa gaul saya, yang rasanya jleb banget di hati saya kalo saya tulis memakai bahasa tersebut, dan itu sepertinya lebih mengena dan membekas di ingatan saya. Langkah yang dapat dilakukan sebagai berikut:

    1. Siapkan sebuah buku kecil berbentuk seperti notes kecil.

 

    1. Setiap lembar buku hanya boleh diisi satu kalimat mutiara.

 

    1. Translate atau terjemahkan kalimat mutiara tersebut ke dalam bahasa pribadi kita masing-masing. Entah itu bahasa gaul, bahasa daerah, atau bahasa aneh yang cuma anda sendiri yang mengerti juga tidak apa-apa, yang penting kalimat tersebut membekas di hati dan ingatan kita. Cantumkan pembuat kalimat mutiara apabila kalimat tersebut diambil dari kalimat orang lain (nb: hargailah karya orang lain). Contoh before: “Ingat, di atas langit masih ada langit” – anonim, after: “Jangan sombong, masih banyak orang yang lebih sukses dari lo !”

 

  1. Apabila menemukan kalimat mutiara yang secara tidak sengaja kita ucapkan sendiri, segeralah tulis, karena justru kalimat yang berasal dari diri sendiri itu merupakan kalimat yang paling sesuai untuk memotivasi diri sendiri dan tentunya paling mengena dan membekas di hati.  Sekian. Hanya sekedar bertukar pikiran. 🙂

Cantumkan pembuat kalimat mutiara apabila kalimat tersebut diambil dari kalimat orang lain (nb: hargailah karya orang lain)

Tinggalkan Balasan

